Rabu, 20 Februari 2013

Keterkaitan IMK dengan Ilmu ilmu lain

A. PENGERTIAN IMK
Interaksi manusia dan komputer (IMK) adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem antarmuka (interface).
IMK dalam konteks kerja dan tugas user melibatkan :
- Desain
- Implementasi
- Evaluasi
IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu atau Yang terlibat dalam IMK adalah
‐ Psikologi dan ilmu kognitif : memberikan dasar pengetahuan tentang persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
‐ Ergonomi : kemampuan fisik user
‐ Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi.
‐ Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi.
‐ Bisnis : pemasaran.
‐ Desain grafis : presentasi interface.
‐ Dan lain-lain.
 
Keterkaitan IMK Dengan Disiplin ilmu Lain:


.Prinsip kerja sebuah sistem komputer adalah adanya masukan-proses-kluaran(input-process-output).
.ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, ia akan melakukan interaksi atau berdialog dengan komputer menggunakan cara-cara tertentu
.agar terjadi proses dialog yang baik,maka kita harus memahami watak atau karakter lawan dialog kita
.Dalam konteks IMK maka perancangan terutama harus memahami psikologi manusia,yang merupakan faktor penentu keberhasilan interaksi
.Theknik Elektronika dan komputer
.Psikologi
.Perancangan grafis dan tipografis
.Ergonomis
.Antropologi
.lingistik
.Sosiologi
    BIDANG ILMU KOMPUTER YANG MEMPENGARUHI IMK

Dalam bidang computer, kita dapat berbicara baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. Untuk sisi perangkat keras, pastilah tidak dapat lepas dari dari pembicaraan tentang teknik elektronika, karena dalam bidang inilah kita dapat mempelajari banyak sekali aspek yang berhubungan dengan perangkat keras computer. Selain perangkat keras juga perlu adanya dibekali keahlian dari sisi perangkat lunak sehingga kita mampu mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam program aplikasi. Dengan kata lain, bidang ini memberikan kita semacam kerangka kerja yang memungkinkan kita untuk merancang sistem Interaksi Manusia-Komputer.

B. BIDANG ILMU ERGONOMIC DAN LINGUISTIK YANG MEMPENGARUHI IMK

Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yan nyaman. Bentuk fisik seperti meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk papan ketik, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja, dan beberapa aspek lain akan sangat berpengaruh pada kenyamanan lingkungan kerja. meski sifat dari seorang pengguna dengan pengguna lain berbeda, tetapi mereka pasti menginginkan adanya lingkungan kerja yang nyaman ketika mereka bekerja dengan computer karena biasanya Orang yang bekerja di depan terminal komputer biasanya untuk jangka waktu yang cukup lama.
Pada saat user menggunakan komputer, seolah-olah user sedang melakukan dialog dengan komputer yang ada dihadapan user. Untuk dapat melakukan dialog tentunya kita memerlukan sarana komunikasi yang memadai. Saran komunikasi ini berbentuk suatu bahasa khusus misalnya saja bahasa grafis, bahsa alami, bahasa menu, ataupun bahasa perintah. Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bahasa yang mencakup. Beberapa aspek seperti komputasi linguistik dan teori bahasa formal membentuk bidang khusus dalam ilmu komputer. Sarana komunikasi inilah yang akan mengarahkan pengguna ketika pengguna berurusan dengan komputer.

C.Human-Computer Interface (Hubungan Manusia dengan Komputer)

Pada awalnya pengembangan komputer lebih difokuskan pada peningkatan kemampuan dan kecanggihan peralatan komputer, sedangkan dari aspek manusia sebagai user kurang diperhatikan. hal-hal sederhana seperti kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakan komputer jarang diperhatikan.Pada kenyataan sebenarnya, faktor brainware sangat mempengaruhi kinerja sistem komputer itu sendiri. Apabila suatu teknologi lebih mudah dimengerti oleh user maka user dapat menggunakan teknologi itu dengan maksimal. Oleh karena itu, faktor interaksi manusia–komputer pun menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan.Pada kondisi dewasa ini, IMK mulai mendapatkan perhatian dari para perancang sistem. Aspek hubungan manusia-komputer mulai dipandang sebagai aspek penting. IMK mulai berkembang setelah PD II. Mula-mula ilmu yang berkaitan adalah biomekanik, antropometri, penelitian mengenai penglihatan, kemudian bergeser ke arah prinsip-prinsip pengembangan representasi informasi.

Tidak ada komentar: